Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarinda
Pemerintah Kota Samarinda

BPBD

Ke atas

Pengecekan Tanggul Jebol di Folder Lavender Perumahan Talangsari

   admin
18 December 2023
255  Kunjungan
0  Komentar

Sumber Foto: Pusdalops-PB

Minggu, (17/12/23) BPBD Kota Samarinda bersama dengan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim, Kepala BWS Kalimantan IV, PUPR Kota Samarinda, Disperkim Kota Samarinda, TWAP, DLH Kota Samarinda, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Camat Samarinda Utara, Camat Sungai Pinang, Lurah Tanah Merah, Ketua Rt.31 dan Warga Masyarakat Meninjau langsung tanggul jebol yang terjadi kemarin sore (16/12/23) disaat hujan mengguyur wilayah samarinda utara.

Dikatakan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda Suwarso, A.Ks, M.Si, dampak ini disebabkan karena clearing lahan dan disposal sehingga aliran air dari beberapa titik itu langsung menuju ke folder lavender termasuk aliran air dari perumahan talang sari memberikan kontribusi terhadap jebol nya tanggul tersebut. Memang curah hujan juga cukup tinggi sekitar 110 mm sehingga tanggul yang lebarnya kurang lebih 5 meter tidak mampu menahan genangan air dari perumahan maupun dari aktifitas disposal tambang PT. Limbo.



Kami Di lapangan sudah bertemu dengan KTT (Kepala Teknik Tambang) dan ini harus segera ditangani karena informasi dari bmkg di bulan desember ini curah hujan cukup tinggi dan sering, jika tidak segera ditangani maka ditakutkan akan berdampak luas termasuk perumahan dan lahan pertanian yang ada di daerah mugirejo khususnya di daerah lubuk sawah.

Tidak Tersedia dalam mode landscape