Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarinda
Pemerintah Kota Samarinda

BPBD

Ke atas

Apel Kesiapsiagaan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kota Samarinda Dalam Rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

   admin
22 December 2023
292  Kunjungan
0  Komentar

Sumber Foto: Pusdalops-PB

Samarinda Kamis, 21 Desember 2023, BPBD Kota Samarinda Melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kota Samarinda Dalam Rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Apel dilaksanakan di halaman parkir Balai Kota Samarinda dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun.

Dalam sambutan Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun mengatakan, Sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 400.6.3/6940/BAK perihal Peningkatan Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada saat Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 bidang trantibumlinmas, bahwa dalam rangka antisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat selama hari raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta mengoptimalkan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, saya mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan apel kesiapsiagaan bencana pada hari ini, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Samarinda dalam penanggulangan bencana,
Untuk itu melalui kesempatan ini ada beberapa hal yang akan saya sampaikan, yaitu :

Memerintahkan BPBD untuk:
a. Memetakan potensi terjadinya bencana alam dan non alam, serta mengoordinasikan langkah - langkah antisipasi penanganannya pada saat terjadi bencana dan pasca bencana alam maupun kebakaran;
b. Menyiapkan rencana kontijensi termasuk melakukan gladi kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana prioritas di daerah; dan
c. Menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) multi sektor yang dapat digerakkan sewaktu-waktu bila terjadi bencana, untuk melakukan respon cepat.

Dengan adanya apel kesiapsiagaan bencana ini, saya berharap akan mempermudah koordinasi penanggulangan bencana lintas sektoral, baik itu antar instansi, relawan, dunia usaha, akademisi, media dan stakeholder, serta dapat mempertajam upaya - upaya penanggulangan bencana di Kota Samarinda, sehingga menghasilkan perencanaan terpadu, terukur dan terstruktur serta terarah yang melibatkan seluruh institusi terkait dalam penanggulangan bencana.

Selain itu BPBD Kota melakukan Serah Terima Barang kepada Relawan, Destana, dan Akademisi yaitu alat pemadaman api, chainsaw, dll.

Tidak Tersedia dalam mode landscape